KEMASAN ADALAH?

KEMASAN ADALAH? (Lokasi Jambi)
Kemasan merupakan wadah yang dapat meningkatkan nilai dan fungsi sebuah produk. Pengemasan produk menjadi hal yang penting karena kemasan memiliki dampak fisik dan psikologis. Dalam hal dampak fisik, kemasan berfungsi sebagai wadah dan pelindung.
Apa kegunaan dari kemasan?
Dalam hal tersebut, fungsi kemasan tidak hanya berguna untuk melindungi produk, tetapi juga sebagai alat pemasaran serta membangun identitas brand guna meningkatkan penjualan.
Fungsi Kemasan
– Ada banyak cara yang bisa kita lakukan sebagai pengusaha dalam memasarkan produk agar semakin dikenal luas. Salah satunya dengan memanfaatkan kemasan produk. Meskipun terlihat sederhana, tetapi peran dan fungsi kemasan produk ternyata sangat penting bagi usaha kita.

Hal ini dikarenakan kemasan produk menjadi hal pertama yang pertama kali dilihat oleh pelanggan atau konsumen. Maka dari itu, sudah seharusnya bagi pemilik usaha untuk memerhatikan kemasan produk. Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan kemasan produk? Simak ulasan lengkapnya pada artikel ini Grameds.

1.Fungsi Kemasan Produk
Kemudian, apa saja fungsi kemasan produk yang perlu diketahui oleh pemilik usaha? Yuk, simak grameds.1. Sebagai identitas brand
Salah satu fungsi kemasan produk adalah sebagai identitas sebuah brand. Kemasan menjadi fokus pertama yang dilihat oleh pelanggan. Melalui kemasan, pelanggan bisa membedakan brand kita dari brand lainnya.

-Mengapa sebuah kemasan dikenal sebagai identitas brand?
Sebab, dalam sebuah kemasan terdapat warna, ukuran, bentuk, hingga font. Unsur–unsur tersebut yang membuat brand kita terlihat berbeda dari brand lain. Kemasan dapat menjadi sarana komunikasi brand kita kepada pelanggan.

– Mengawetkan dan melindungi produk
Terkadang ada sebuah produk yang tidak tahan terhadap suatu kondisi di lingkungan tertentu seperti suhu atau cuaca. Dengan demikian, produk akan rentan terhadap bakteri dan mikroba ketika berada di tempat yang terlalu dingin, panas atau lembap.

Oleh sebab itu, pembuatan kemasan secara baik sangat diperlukan untuk melindungi produk yang dijual dan akan digunakan oleh pelanggan nantinya. Contohnya, produk–produk yang terjual dari bahan kulit. Apabila tidak dikemas dengan baik, maka akan rentan terkena jamur terutama pada musim penghujan yang lembab.

Itulah beberapa produsen produk kulit banyak yang mengemas produk dengan memberinya bahan kimia seperti silica gel. Tujuannya untuk menjaga suhu kemasan tetap kering, sehingga produk di dalamnya juga awet.

-Memudahkan pendistribusian
Sebagai pengusaha, kita tentu tidak bisa berjalan sendiri untuk menyalurkan dan memasarkan produk hingga sampai ke tangan pelanggan. Maka, dalam proses ini membutuhkan pihak lain atau distributor. Pada saat barang berada di distributor produk akan diperiksa secara teliti sebelum disalurkan kembali ke toko–toko, reseller, dropshipper hinga pelanggan langsung.
– Fungsi dan Peranan Kemasan
Seperti yang telah disebutkan, fungsi paling mendasar dari kemasan adalah untuk mewadahi dan melindungi produk sehingga mudah disimpan, didistribusikan, dan dipasarkan.
. Mewadahi produk

1.Fungsi utama kemasan adalah mewadahi produk selama distribusi dari produsen hingga sampai ke konsumen agar produk tidak tercecer, terutama untuk produk berupa cairan, pasta, atau butiran.

2.Melindungi dan mengawetkan produk
Misalnya, melindungi dari sinar matahari, panas, kelembapan udara, oksigen, benturan, dan kontaminasi dari kotoran yang bisa merusak dan menurunkan mutu produk.

3. Sebagai identitas produk
Maksudnya, kemasan dapat digunakan sebagai media informasi kepada konsumen melalui label yang terdapat pada kemasan. Kemasan suatu produk dengan ciri khas tertentu juga bisa menjadi pembeda dengan produk berjenis sama lainnya.

4. Menambah daya tarik calon pembeli
Selain sebagai identitas, kemasan dapat dimanfaatkan untuk menambah daya tarik produk. Karena itu, sebaiknya kemasan dibuat tidak hanya berdasarkan fungsinya, tetapi juga memerhatikan unsur estetika atau keindahannya. Misalnya dengan menambahkan desain yang unik dan menarik.

Contoh Kemasan Produk Berdasarkan Bentuk
1.Kemasan Botol.
2.Kemasan Kotak.
3.Kemasan Sachet.
4. Kemasan Blister.
Kemasan Ampul.
6. Kemasan Tas.
7. Kemasan paper bag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *