KEMASAN MENENTUKAN NASIB UMKM: Kenapa mayoritas UMKM gagal

Sedang mencari kemasan dengan desain yang unik? Lariss.id adalah alternatif terbaiknya, karena lariss.id bisa memenuhi kebutuhan para pelanggan dan juga lariss.id adalah salah satu jasa cetak packaging terbaik di Bandung.

JASA BUAT BOX PACKAGING KEPULAUAN YAPEN PAPUA, CALL/WA 0877-2379-0951 , Jasa Buat Packaging Kepulauan Yapen Papua

KLIK https://wa.me/6287723790951

tempat cetak box kertas Kepulauan Yapen Papua
perusahaan kemasan kertas Kepulauan Yapen Papua
Bikin dus Kepulauan Yapen Papua
produksi dus Kepulauan Yapen Papua
produksi kardus Kepulauan Yapen Papua
produksi kardus karton Kepulauan Yapen Papua

Ini kenapa mayoritas UMKM gagal dan ini bisa terjadi di usaha bisnis kalian. Ada dua sudut dari permasalahan ini yaitu Internal dan Competitiveness. Di artikel ini akan membahas di segi sudut competitiveness.

1. Kurangnya digitalisasi

Sejak dulu orang sudah menggunakan digital, mereka sudah memanfaatkan teknologi digital dengan baik. Tapi sebagian para pembisnis banyak sekali yang tidak paham tentang digital. Contohnya seperti 65% bisnis UMKM di Singapura sudah mengadopsi digital, di Vietnam 35% sudah mengadopsi digital, sedangkan di indonesia baru 8% UMKM yang mengadopsi digital. Indonesia sangat ketinggian jauh, kota sebagai customer sangat mengerti digital sedangkan kita sebagai pembisnis tidak mengerti digital.

Banyak orang bingung digital itu mulai dari mana apakah membuat website atau membuat software? Orang Indonesia kebanyakan membangun toko fisik lalu berharap banyak costumer yang datang entah itu datang sendiri atau panggilan dari costumer yang pernah datang.

Ada beberapa tips Going digital on business
a. Marketing
Going digital artinya harus punya sosmed, membuka toko online, mengeri tentang digital marketing, ads di sosmed, live di sosmed.
b. Operations
Inventory management, stock keeping unit, rekap penjualan, accounting, reporting, bayar pajak, employee management.
c. Produk
Step ini baru berpikir bagaimana kita menggunakan digital untuk bisnis dam gimana cara menggunakan digital untuk mengasih sesuatu yang berbeda untuk costumer atau namanya Added Value. Kalo semua nya udah digital ada yang namanya Data seperti analisis sebelum jualan rekapan dari semuanya, tujuan agar kita memiliki feeling yang kuat untuk bisnis.

2. Persaingan dari perusahaan yang lebih besar

Banyak orang yang mikir kalo perusahaan besar lebih gampang mematikan bisnis kecil karena mereka mempunyai banyak budget, punya SDM, dan bisa matikan bisnis-bisnis kecil. Realita nya bukan faktor itu yang membuat umkm kalah. Umkm selalu memulai bisnis dengan market yang lebih niche. Hahya ada 7% umkm yang berhasil menjadi pembisnis yang besar dan itu nilai yang sangat rendah. Bisnis yang punya business plan grown jauh lebih signifikan karena bisnis sudah terstruktur dengan rapih, karena tau kalo masuk ke dalam brand ini mereka lebih bisa cepet mengalahkan bisnis besar karen bisnis kecil lebih cepat dan adaptif ini menjadi kelemahan bisnis kecil karena bisnis kecil bisa mengalahkan bisnis besar karena mereka lambat.

3. Kesulitan menangkap trend

Trend itu bukan hanya hype. Tapi namanya mengikuti perubahan behavior customer. Kalo dari data, cuma 10% UMKM yang pake digital contohnya kayak Google Trends, Google Analytics untuk baca bahavior customer. untuk liat sebenernya customer sebenarnya sekarang suka apa sih? Itu cuma 10%. Cuma 6% UMKM yang bisa ngelakuin pricing strategy atau ngubah harga, modal, economics berdasarkan trend itu. Padahal dua itu penting. Dan yang lebih gila lagi, 74% bisnis apapun itu ga pernah ngelakuin yang namanya ngelakuin riset market sama trend pasar sebelum mereka launch produk baru. Semuanya hanya perasaan aja. Bukan cuma sebagai bisnis tapi sebagai business owner. Kalian sebagai founder harus selalu liat apa yang berubah di sekitar kalian terus mungkin strategi berdasarkan itu. ada 7 komponen. Founder, ide bisnis, market research, product, marketing, business operations, sama growing. 7 komponen itu tuh harus selalu adaptasi. Tapi bukan berarti trend itu langsung setiap ada yang hype banting setir. Salah. Kalo misalcore product-nya bikin makanan Padang, tiba-tiba ada trend pop coulture film atau apa. Bikinlah campaign makanan Padang X apa gitu misalnya. Stay relevant terus. Dites terus per campaign basis. Kalo misalnya berhasil di campaign itu, dites lagi, dilanjutin. Kalo berhasil jangka panjang, dijadiin core product. Lakuin market research, lihat behavior-nya, turun ke lapangan, interview customer kalian. Lakuin FGD (Focused Group Discussion). Ada banyak banget yang kita bisa lakuin untuk adaptasi.

4. Pentingnya kemasan

Kemasan bukan hanya untuk pembungkus produk tetapi juga melindungi dan meningkatkan citra produk. Kemasan dengan desain yang bagus dapat menarik minat pelanggan dan ini membuat produk kita terlihat menarik di matanya. Orang yang sedang mencari produk, pertama kali mereka akan melihat kemasannya, dan membandingkan produk lainya lewat kemasan. Ini akan menjadi hal penting di mana jika kemasan kita lebih menarik dari pesaing, produk kita akan banyak di pilih oleh para pelanggan.

Itu adalah beberapa alasan kenapa mayoritas UMKM gagal.

Untuk sebuah bisnis usaha kita seharusnya observasi terlebih dahulu pasar trend, apalagi jika usaha kita makanan. Slah satunya adalah , Kemasan sangatlah penting untuk usaha, kemasan bukan hanya sebagai pembungkus produk tetapi juga melindungi serta meningkatkan value produk. Karena hal itu pintar-pintarlah memilih desain kemasan.

Lariss.id adalah salah satu brand jasa cetak kemasan yang memiliki kualitas terbaik dan mampu mencetak desain kemasan dengan bentuk yang menarik. Lariss.id bisa mengirim hasil kemasan nya ke seluruh Indonesia salah satunya kepulauan Yapen Papua.

Laris kan brand mu dengan desain packaging yang unik
Kami Produsen Packaging Laris Sejahtera Indonesia (Lariss.id), siap membantu untuk melariss kan brandmu!

Produsen Packaging Laris Sejahtera Indonesia (Lariss.id)

Ruko BTP B-108 Jl Telekomunikasi no 1 Bojongsoang
Bandung – Jawa Barat – 40257
https://goo.gl/maps/8d12BqjR5gpYVc2k6

Langsung OWNER: Bpk Irwan 0877-2379-0951

Lebih lengkapnya KUNJUNGI:
– http://www.lariss.id

#jualkemasankertaspolosKepulauanYapenPapua
#jualcupkertasKepulauanYapenPapua
#jasapembuatanpackagingKepulauanYapenPapua
#JualkemasankertasKepulauanYapenPapua
#jualboxmakanankertasKepulauanYapenPapua
#jualboxmakanankertasmurahKepulauanYapenPapua
#pabriklunchboxkertasKepulauanYapenPapua
#pabrikboxkertasKepulauanYapenPapua
#jualkemasankertaspolosKepulauanYapenPapua
#pabrikkemasankertasKepulauanYapenPapua

jual pouch kertas Kepulauan Yapen Papua
tempat cetak box Kepulauan Yapen Papua
perusahaan kemasan kertas Kepulauan Yapen Papua
pesan cetak dus Kepulauan Yapen Papua
produksi dus Kepulauan Yapen Papua
produksi dus kotak Kepulauan Yapen Papua
pabrik kemasan kertas Kepulauan Yapen Papua
pabrik lunch box kertas Kepulauan Yapen Papua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *