Kemasan Produk

Kemasan Produk

1.Tujuan Kemasan Produk
Tujuan utama dari adanya kemasan produk adalah melindungi benda atau barang di dalamnya, tetapi adapun manfaat lainnya
2.Jenis-Jenis Kemasan Produk
1. Berdasarkan Struktur Isi
Jenis kemasan yang berdasarkan struktur isi dibagi menjadi tiga jenis utama, yaitu:
Kemasan Primer
Pengertian dari kemasan primer adalah bahan yang diolah menjadi kemasan langsung untuk sebuah bahan makanan, seperti botol minum, dan lain-lain.

Kemasan Sekunder
Untuk pengertian dari kemasan sekunder yaitu kemasan yang berfungsi untuk memberikan perlindungan untuk kemasan lain, seperti kotak kardus dan lain-lain.

-Fungsi dan Manfaat Kemasan Produk
Kemasan memiliki fungsi serta manfaat, seperti memudahkan transportasi atau pengiriman. Dengan adanya wadah ini, produk akan mudah untuk diangkut dan dikirim ke mana saja terlebih lagi jika bentuknya sederhana

Pengertian Kemasan Produk
kemasan produk
Source: Freepik
Umumnya, pengertian dari kemasan produk adalah sebuah wadah atau pembungkus yang berfungsi mencegah atau meminimalkan kerusakan pada barang dagang di dalamnya.

Selain itu, beberapa orang juga mengatakan bahwa pengertian dari kemasan produk adalah wadah yang berfungsi untuk menampung, melindungi, mengidentifikasi dan mempromosikan barang dagang.

Dalam hal ini, fungsi kemasan produk tidak hanya untuk melindungi, tetapi juga sebagai alat pemasaran, membangun identitas merek, dan meningkatkan penjualan. Adapun menurut beberapa ahli, pengertian dari kemasan produk adalah sebagai berikut.

Tujuan Kemasan Produk
Tujuan utama dari adanya kemasan produk adalah melindungi benda atau barang di dalamnya, tetapi adapun manfaat lainnya.

1. Barrier Protection
Tujuan utama dari adanya kemasan produk adalah melindungi barang dari senyawa luar yaitu air debu, oksigen dan uap. Ini biasa disebut barrier protection.

2. Reducing Theft
Tujuan selanjutnya dari kemasan adalah reducing theft yang berarti kemasan hanya dapat sekali digunakan dan tidak dapat ditutup kembali. Hal ini untuk mencegah terjadinya pemanfaatan ulang dari wadah tersebut.

3. Marketing
Tujuan terakhir dari kemasan adalah sebagai marketing di mana penggunaan kemasan membantu proses pemasaran barang. Karena desain yang dibuat secara unik akan dapat menarik perhatian pelanggan.

Baca juga: Strategi Penetapan Harga: Pengertian, Jenis, & Cara Buatnya

Jenis-Jenis Kemasan Produk
jenis kemasan produk
Penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis kemasan produk, yaitu:

1. Berdasarkan Struktur Isi
Jenis kemasan yang berdasarkan struktur isi dibagi menjadi tiga jenis utama, yaitu:

Kemasan Primer
Pengertian dari kemasan primer adalah bahan yang diolah menjadi kemasan langsung untuk sebuah bahan makanan, seperti botol minum, dan lain-lain.

Kemasan Sekunder
Untuk pengertian dari kemasan sekunder yaitu kemasan yang berfungsi untuk memberikan perlindungan untuk kemasan lain, seperti kotak kardus dan lain-lain.

Kemasan Tersier
Terakhir, untuk pengertian dari kemasan tersier adalah kemasan yang dimanfaatkan untuk melindungi produk selama proses pengiriman, seperti bubble wrap dan lain-lain.

2. Berdasarkan Frekuensi Pemakaian
Berdasarkan frekuensi pemakaiannya, jenis kemasan dibagi menjadi 3, yaitu:

Kemasan Disposable
Jenis kemasan disposable ini adalah kemasan yang hanya dapat digunakan sekali pakai atau dibuang setelah pakai, seperti kemasan plastik dan lain-lain.

Kemasan Multi Trip
Pengertian dari jenis kemasan ini adalah wadah yang dapat dimanfaatkan konsumen dan setelah produk di dalamnya habis, akan dikembalikan lagi ke penjual oleh penjual. Contohnya seperti galon air minum, tabung gas, dan masih banyak lagi.

1. Fungsi Protektif
Fungsi kemasan protektif adalah sebagai perlindungan atau pengamanan barang terhadap berbagai hal yang dapat merusaknya, seperti cuaca, proses pengiriman, dll.

Kemasan juga bisa melindungi, mencegah, atau meminimalkan risiko kerusakan dan risiko cacat, yang dapat merugikan baik pembeli maupun penjual.

2. Fungsi Promosional
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kemasan juga dapat bertindak sebagai alat promosi atau pemasaran. Hal ini dimungkinkan dengan bentuk kemasan yang menarik. Secara umum, fungsi kemasan produk adalah sebagai berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *