Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Jenis Pembuatan Kemasan Produk

KLIK https://wa.me/6287723790951 cetak dus kemasan Luwu Sulawesi Selatan, cetak dus kemasan produk Luwu Sulawesi Selatan, cetak dus kemasan murah Luwu Sulawesi Selatan, cetak dus kemasan terdekat Luwu Sulawesi Selatan, cetak kardus kemasan Luwu Sulawesi Selatan

Desain box eksklusif, minimalist, dan aesthetic di sini! Desain sesuai keinginan kamu! Dus box dan kardus makanan ada di sini


Unsur penting dalam menjalankan suatu bisnis salah satunya yaitu kemasan (packing). Kemasan menjadi bahan yang berguna untuk melindungi produk dari benda-benda yang dapat merusak isi yang ada di dalamnya. Terkadang pembuatan kemasan produk menjadi hal yang disepelekan.

Perlu diketahui bahwa kemasan akan mempengaruhi jalannya bisnis, karena konsumen terkadang membeli sesuatu dengan melihat tampilan kemasannya. Untuk itu, para pelaku usaha harus lebih aware dengan ini. Agar lebih paham, simak penjelasan berikut mengenai kemasan suatu produk.

– Pengertian Pembuatan Kemasan Produk
Pembuatan Kemasan produk adalah wadah yang dipakai untuk membungkus produk dengan tujuan agar terhindar dari kerusakan akibat benda asing, cuaca, ataupun suhu udara. Sebagian besar produk yang dipasarkan telah menggunakan kemasan. Namun terkadang ada produk yang dalam penjualannya tidak dikemas. Sebagai konsumen, mungkin kita ragu untuk membelinya karena produk yang tidak dikemas akan mengurangi daya tarik dan mempengaruhi kualitas.

Dengan kemasan produk yang menarik, maka akan meningkatkan penjualan dan dapat menjadi bagian penting dalam branding untuk memperkenalkan secara luas produk yang kita pasarkan.

Sayangnya, terkadang pelaku bisnis kurang aware dengan pengemasan produk karena lebih memikirkan kualitas produk dalam pemasarannya. Padahal manfaat kemasan produk juga penting dalam mempengaruhi tingkat penjualan.

– Fungsi Kemasan Produk
Telah dijelaskan sebelumnya bahwa sepenting itu memperhatikan pengemasan produk guna menarik minat beli konsumen. Lalu, apa tujuan dan fungsi dari kemasan produk? Berikut akan dijelaskan lebih rinci.

1. Melindungi Produk
Fungsi utama kemasan yaitu melindungi produk dari segala kerusakan, baik pada saat pengiriman, penyimpanan, dan lainnya. Selain itu, kemasan juga berfungsi untuk melindungi isi produk dari debu, paparan panas, sinar matahari, atau benda asing yang dapat merusak produk. Ada beberapa produk yang tidak tahan dengan kondisi lingkungan tertentu seperti cuaca ataupun suhu. Dengan begitu, produk menjadi rentan terhadap bakteri jika berada di tempat lembab, panas, atau dingin.

Perancangan kemasan yang baik diperlukan untuk menjaga kualitas produk yang dipasarkan. Sebagai contoh, jika menjual tas yang berbahan dasar dari kulit, apabila tidak dikemas dengan baik maka akan merusak tas. Akan rentan terhadap jamur, terlebih jika disimpan di tempat yang lembab.

2. Keamanan Produk
Kemasan sangat penting dalam menjaga dan memastikan keamanan suatu produk untuk konsumen. Dalam kemasan tidak hanya tercantum nama brand, tapi juga informasi mengenai keamanan produk seperti tanggal kadaluarsa dan bahan baku yang digunakan harus tertera dengan jelas di kemasan.

Mengapa itu penting? Hal itu semata-mata untuk menjamin keamanan dan kualitas produk itu sendiri. Selain itu, informasi mengenai label halal, ijin BPOM, dan SNI juga harus ada dalam kemasan agar konsumen yakin dan percaya dengan produk yang akan dibeli.

3. Menambah Daya Tarik Produk
Kemasan yang bagus akan menambah daya tarik produk yang nantinya akan mendorong keinginan konsumen untuk membeli. Pemilihan desain yang unik dan menarik akan menambah nilai produk itu sendiri di mata konsumen.

Yang perlu diperhatikan dari desain kemasan juga harus memperhatikan pemilihan warna, huruf, dan bentuk yang bagus. Memikirkan desain kemasan harus benar-benar matang karena ini nantinya akan mempengaruhi citra produk yang akan tertanam dalam benak konsumen.

– Tujuan Kemasan Produk
Sebenarnya, penggunaan kemasan memiliki tujuan yang kompleks. Inilah beberapa tujuan dari pengemasan:

1. Physical Production
Melindungi dari tekanan dan guncangan dalam proses pengiriman. Contohnya, Sebuah pabrik di Luwu Sulawesi Selatan menghasilkan produk keramik tangan yang rapuh. Untuk melindungi keramik ini selama pengiriman, mereka menggunakan kemasan khusus yang terbuat dari busa bertekstur tinggi dan bahan pelindung berkekuatan tinggi.

2. Barrier Protection
Melindungi dari lingkungan luar seperti debu dan udara. Misalnya, Sebuah produsen makanan organik di Luwu memasok produknya ke seluruh Sulawesi Selatan. Untuk melindungi makanan organik ini dari debu dan udara selama transportasi, mereka menggunakan kemasan berlapis yang juga hermetis tertutup.

3. Reducing Theft
Mencegah dari pencurian selama perjalanan. Marketing, yaitu menambah daya tarik konsumen. Misalnya, Sebuah perusahaan yang menghasilkan perhiasan unik di Luwu memiliki perhatian khusus pada mencegah pencurian selama perjalanan. Mereka telah merancang kemasan yang diskret dan aman, yang tidak menarik perhatian pencuri potensial. Selain itu, mereka mencantumkan kode QR pada kemasan yang harus dipindai untuk membuka kemasan

– Jenis Kemasan Produk
Kemasan suatu produk ada berbagai macam jenisnya. Jika dilihat dari fungsinya, apa saja jenis-jenis kemasan produk?

1. Kemasan Primer
Kemasan primer merupakan pembungkus yang memiliki kontak langsung dengan isi produk. Biasanya jenis kemasan ini digunakan pada produk makanan dan minuman. Contoh kemasan primer yaitu botol plastik dan kaleng susu.

2. Kemasan Sekunder
Kemasan sekunder merupakan pembungkus yang dipakai untuk melindungi kemasan primer, sehingga penggunaannya diletakkan setelah lapisan kemasan primer. Contohnya kardus yang membungkus beberapa kaleng susu.

3. Kemasan Tersier
Kemasan tersier ini digunakan untuk melindungi produk selama proses pengiriman. Biasanya dikenal dengan istilah transport packing. Misalnya bubble wrap, kardus, atau kotak kayu.

Dengan begitu, kita akan mendapatkan image yang baik di mata konsumen karena ikut andil dalam mendukung program berkelanjutan dengan membuat kemasan yang ramah lingkungan. Pembuatan Kemasan Produk menjadi hal yang harus dipahami jika ingin memulai suatu bisnis. Pemilihan kemasan yang baik akan menambah nilai dari produk yang dibuat. Selain itu, kemasan yang bagus dan unik juga dapat menarik perhatian konsumen.


Produsen Packaging Laris Sejahtera Indonesia (Lariss.id)
Ruko BTP B-108 Jl Telekomunikasi no 1 Bojongsoang
Bandung – Jawa Barat – 40257
https://goo.gl/maps/8d12BqjR5gpYVc2k6

Langsung OWNER: Bpk Irwan 0877-2379-0951

Lebih lengkapnya KUNJUNGI:
http://www.lariss.id

#cetakkemasanLuwuSulawesiSelatan, #cetakkemasanboxmakananLuwuSulawesiSelatan, #cetakkemasandusmurahLuwuSulawesiSelatan, #cetakkemasankardusLuwuSulawesiSelatan, #cetakkemasankardussatuanLuwuSulawesiSelatan

cetak kardus kemasan murah Luwu Sulawesi Selatan, cetak kemasan Luwu Sulawesi Selatan, cetak kemasan box Luwu Sulawesi Selatan, cetak kemasan box makanan Luwu Sulawesi Selatan, cetak kemasan corrugated Luwu Sulawesi Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *