Pentingnya Kemasan Produk & Fungsi Packaging

Packaging kemasan adalah suatu proses untuk melindungi dan menginformasikan orang-orang seputar produk yang dihasilkan oleh suatu brand. Proses packaging kemasan pun penting dan jadi kebutuhan dasar bagi seluruh produk salah satu nya di daerah Luwu Sulawesi Selatan. Ini bukan hanya tentang tempat produk untuk dijual, tetapi juga memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keselamatan produk, mempromosikan merek, dan memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Karena, selain melindungi produk, packaging juga menjadi ciri-ciri dari produkmu yang bisa dikenali oleh konsumen.

Lalu, apa saja alasan yang membuat packaging begitu penting?
Packaging kemasan juga dapat membentuk brand image yang positif di pikiran konsumen

Pentingnya packaging bagi produsen

  • Distribusi
    Packaging yang baik memungkinkan brand untuk mendistribusikan produk dari pabriknya ke pihak seller dengan aman.
  • Penyimpanan
    Packaging yang baik dari brand memungkinkan penjual untuk menyimpan dan menjaga kualitas produk kemasan agar tetap baik.
  • Promosi
    Packaging bisa menjadi tool marketing karena brand dapat menggunakannya untuk membedakan produknya dari kompetitor. Tidak hanya itu, packaging juga dapat menjadi daya tarik untuk konsumen.
  • Keamanan
    Packaging yang baik juga mencegah produk kemasan yang rusak, sebelum sampai di tangan konsumen.

Tanpa packaging sebuah produk Kemasan akan berisiko mengalami kerusakan baik ketika produk tersebut baru saja dibuat hingga dikonsumsi.
A. Lalu, apa saja fungsi lain dari packaging itu?

  1. Membungkus produk
    Kebanyakan produk perlu dibungkus terlebih ketika disimpan atau dipindahkan. Packaging memastikan produk kemasan terbungkus seperti yang dibutuhkan.
  2. Melindungi produk
    Packaging kemasan juga berfungsi untuk menjaga kualitas kemasan, fitur, atau kegunaan yang dimiliki produk dari kerusakan ketika dipindahkan, disimpan, atau dikonsumsi.
  3. Membantu penanganan dan penggunaan produk packaging kemasan yang baik dapat membantu penanganan produk kemasan, terutama ketika akan didistribusikan dan digunakan oleh konsumen.
  4. Membedakan produk dari kompetitor
    Packaging memudahkan konsumen untuk mengidentifikasi dan membedakan produk kemasanmu dari kompetitor. Tidak hanya itu, packaging kemasan yang menarik akan menjadi poin plus yang dapat menarik perhatian konsumen.
  5. Menjadi bagian dari strategi product marketing
    Sebuah packaging yang menarik dan informatif akan memiliki appeal untuk dipromosikan. Packaging juga membantu brand dalam tahap promosi dan penjualan kemasan produk.
  6. Memberikan kemudahan bagi konsumen
    Packaging memberikan kemudahan bagi konsumen ketika akan membawa, menangani, atau menggunakan suatu produk kemasan yang sudah diterima atau di kirimkan.
  7. Sebagai media komunikasi antara brand dengan konsumen
    Packaging yang disertai labelling dapat mengomunikasikan brand identity, brand message, dan informasi mengenai produk kemasan serta brand ke konsumen.
  8. Menambah nilai estetika dari sebuah produk
    Packaging dapat membuat sebuah produk kemasan yang simpel terlihat lebih menarik atau unik. Nilai estetika pun dapat menambah nilai jual dari suatu produk kemasan.
  9. Memberikan kesan mewah pada konsumen
    Beberapa jenis produk yang biasanya memiliki packaging kemasan mewah seperti roti, minuman kopi dan jenis produk lain akan membawa kebanggaan sendiri pada konsumen saat membawa produk kemasan tersebut. Apalagi untuk jenis minuman kopi, minuman segar yang biasanya sering dibawa hanya menggunakan tangan oleh orang-orang di perkantoran.

Dalam kesimpulan, packaging kemasan adalah aspek yang sangat penting dalam dunia produk dan bisnis. Selain melindungi produk, packaging kemasan juga berperan dalam mempromosikan merek, menyediakan informasi, dan memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Untuk bisnis yang sukses, penting untuk mempertimbangkan dengan serius desain dan fungsi dari kemasan produk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *