​Branding adalah upaya untuk memperkuat nilai pada suatu merek. Jika dikaitkan dengan produk tertentu, maka branding dapat diterapkan pada kemasan atau packaging untuk menambah nilai suatu produk sehingga dapat menarik minat konsumen.
Kebanyakan beberapa pelaku bisnis di luar sana berpikir bahwa kualitas sebuah produk dan cara pemasaran jauh lebih diutamakan untuk meningkatkan penjualan, dibandingkan fokus pada branding dan packaging.Padahal beberapa unsur yang mempengaruhi penjualan seperti kualitas produk, pelayanan, pemasaran dan branding serta packaging juga saling mendukung satu sama lain. Inilah yang mungkin perlu kita pikirkan sebagai bagian dari strategi pemasaran dan meningkatkan penghasilan dan memperluas skala bisnis.
Bagi perusahaan yang memproduksi barang, packaging memegang peranan penting untuk branding dan marketing. Pada dasarnya, packaging hanya menjadi pelindung produk, khususnya untuk barang konsumtif. Namun, kemasan produk juga memiliki fungsi lain seperti sumber informasi bagi konsumen dan daya tarik agar produk mampu bersaing dengan produk lainnya. Maka dari itu, sangat penting bagi perusahaan yang memproduksi barang untuk membuat desain packaging semenarik mungkin.
Dalam packaging produk atau kemasan terdapat unsur-unsur seperti warna, font, dan logo. Unsur-unsur tersebut bisa merepresentasikan bisnis yang berkaitan dengan identitas dan pencitraan usaha. Desain packaging produk yang baik akan mempresentasikan bisnis sesuai dengan karakter dan tujuan bisnis. Selain itu, bentuk kemasan yang menarik akan membuat pelanggan mudah memahami bahwa packaging tersebut milik perusahaan tertentu.