Kemasan adalah salah satu elemen yang sangat penting dalam pemasaran produk. Sebuah kemasan yang menarik dan fungsional dapat membuat produk Anda berbeda di pasaran dan memikat perhatian konsumen. Dalam artikel ini, kita akan membahas pentingnya memilih kemasan yang tepat untuk produk Anda.
1. Kemasan yang baik mampu melindungi produk
Banyak sekali produk yang mudah hancur, dengan itu kemasan sangat berperanan penting untuk melindungi isi produk. Produk dengan bahan mudah pecah biasanya di kemas dengan kemasan yang tebal. Kemasan yang di maksud mempunyai banyak jenis salah satunya hardbox dan packaging kayu. Bukan hanya melindungi produk, kemasan dengan kualitas terbaik juga mampu memuaskan konsumen. Kemasan melindungi produk dari benturan, tekanan, goresan yang dapat merusak produk. Maka dari itu bijaklah dalam memilih kemasan untuk produk.
2. Kemasan sebagai identitas brand.
Pastinya kita sering melihat ciri khas dari sebuah brand lewat kemasan nya. Contohnya Pringles, kita mengenal brand itu karena kemasan nya paling berbeda dari kemasan lainnya Pringles menjadi sangat terkenal karena rancangan dari kemasannya serta bentuk dari keripiknya; Tabungnya merupakan tabung karton dengan lapisan alumunium foil di bagian dalamnya, dan sebuah penutup tabung yang terbuat dari plastik; Sementara keripiknya dibuat berbentuk pelana.
3. Menarik daya tarik pelanggan.
Kemasan yang mempunyai bentuk unik dan berbeda bisa menarik pelanggan, karena kemasan kita terlihat paling berbeda di antara kemasan yang lain. Bukan hanya kemasan, desain yang menarik juga membuat pelanggan tertarik dengan produk kita.
Ketika komsumen melihat kemasan yang memikat mereka pasti cenderung membeli produk tanpa pertimbangan.
4. Kemasan yang baik membuat produk tetap awet.
Perlu kita ketahui bahwa fungsi utama dari kemasan produk adalah melindungi isi produk dari segala bentuk kerusakan. Baik kerusakan saat pengiriman, penyimpanan, maupun lainnya. Kemasan juga melindungi isi produk dari paparan panas, ultraviolet, udara kotor, serta mikroba lain yang berpotensi merusak produk. Disinilah fungsi kemasan produk untuk menjaga kualitas dan juga keawetan produk.
5. Menjaga efisiensi produk
Fungsi kemasan produk lainnya adalah menjaga efisiensi produk. Jadi saat produk dikemas, akan mempermudah proses distribusi produk dari produsen ke distributor, reseller, konsumen, dan lainnya. Kemudahan ini mempengaruhi kecepatan produk untuk sampai ke tangan konsumen. Alhasil, konsumen akan menerima produk dengan kualitas dan keamanan yang terjamin.
Dalam kesimpulan, kemasan bukan hanya sebagai wadah fisik untuk produk Anda, tetapi juga sebagai alat pemasaran yang kuat. Dengan memilih kemasan yang tepat, Anda dapat menciptakan kesan pertama yang baik, melindungi produk, dan mengkomunikasikan nilai produk Anda kepada konsumen. Jadi, jangan anggap remeh pentingnya kemasan dalam strategi pemasaran produk Anda.
Lariss.id memberikan kemasan warna-warni yang sangat menarik membuat produk terlihat lebih menonjol di rak toko. Kemasan yang fungsional membuat produk terlihat menarik dan penggunaan nya sangat nyaman. Lariss.id juga sudah sangat terkenal karena cetak kemasan dengan kualitas terbaiknya. Dan salah satu misi dari Lariss.id tidak hanya mementingkan produk nya tetapi juga keinginan pengalaman pelanggan.