Pentingnya Packaging Produk Untuk Menarik Perhatian Konsumen
Pentingnya packaging produk untuk menarik perhatian konsumen ini berkaitan dengan kebutuhan suatu kreativitas dan inovasi dalam menjalankan. Bagaimana tidak, daya saing yang tinggi dan beraneka ragam permintaan pasar yang cukup banyak ini membuat para pelaku bisnis harus mampu memutar strateginya untuk mempertahankan bahkan meningkatkan bisnisnya. Selain itu, sebagai pelaku bisnis juga harus mampu memikirkan hal-hal kecil yang berkaitan dengan bisnis akan tetapi berdampak besar untuk kemajuan bisnisnya. Sebagai contoh, pelaku bisnis harus memperhatikan packaging dari produk yang dijual. Packaging sendiri dapat dikatakan suatu yang penting pada sebuah produk dikarenakan salah satu pemicu ketertarikan konsumen terhadap produk terletak pada sebuah packaging atau biasa disebut dengan kemasan.
Dalam membuat packaging tidak hanya berkaitan dengan warna dasar yang digunakan tetapi juga desain dan informasi yang ada dimuat beserta packaging produk. Untuk itu, pelaku bisnis juga harus memikirkan bagaimana informasi dari produk tersebut tersampaikan dengan baik. Manfaat packaging selain sebagai wadah dan pelindung produk juga memiliki peran sebagai sarana untuk memberikan informasi dan memasarkan produk. Selain itu, packaging juga mampu mengarahkan konsumen untuk memilih dari sekaian banyak produk yang memiliki jenis sama. Perannya yang penting ini membuat pelaku bisnis sangat memperhatikan packaging dari produk yang ditawarkan. Poin utama dari pentingnya packaging produk adalah untuk menarik perhatian konsumen.
Lalu packaging produk seperti apa yang mampu menarik perhatian konsumen?
1.Warna Dasar
Pentingnya packaging untuk menarik perhatian konsumen yang pertama dengan cara memilih warna packaging dari sebuah produk. Oleh karena itu akan lebih jika menggunakan warna dasar yang menarik dan mencerminkan dari produk yang ditawarkan, akan tetapi sebaiknya hindari warna yang mencolok. Seperti misalnya, produk makanan dengan rasa vanila maka warna yang pantas adalah warna putih.
2. Memiliki Ciri Khas
Produk dengan packaging yang beda dari yang lain atau pun memiliki ciri khas tersendiri menjadikan para konsumen tidak sulit untuk mencarinya. Dimana hal ini membuktikan bahwa desain packaging produk yang digunakan berbeda dengan produk lainnya atau dapat dikatakan berani lebih berinovasi. Tentunya hal tersebut dapat menambah kesan positif konsumen terhadap produk yang ditawarkan.
3. Informasi Produk
Dalam packaging terdapat informasi berkaitan dengan produk, hal ini juga perlu diperhatikan. Packaging yang baik secara langsung akan memberikan informasi terkait produk apa yang ada didalamnya. Sehingga perlu adanya sebuah pertimbangan terkait pemilihan kata yang tepat dan pengaturan tata letak informasi produk dengan baik. Mengingat produk seperti makanan memiliki informasi yang cukup banyak untuk dimuat pada packaging atau kemasannya seperti komposisi, kandungan gizi dan lain sebagainya.
4.Memberi Kenyamanan
Memberi kenyamanan yang dimaksud adalah hal yang utama dalam pentingnya packaging produk untuk menarik perhatian konsumen yang dapat memberikan sebuah solusi, memiliki tampilan yang bersih dan rapi, memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, dan memiliki kemudahan untuk membawa produk tersebut. Selain itu, bahan packaging sebaiknya juga memberikan keramahan baik itu untuk konsumen maupun lingkungan.
5. Memberi Kesan Positif
Selain memberikan kenyamanan bagi konsumen, packaging akan jauh lebih baik jika mampu memberikan kesan positif bagi konsumen. Hal ini juga sering ditemukan pada produk-produk yang telah ada, sebagai contoh ada sebuah produk yang menyantumkan beberapa kata untuk memberikan motivasi atau anjuran untuk melakukan kegiatan yang positif. Berikan kesan positif yang berbeda dari packaging yang digunakan oleh produk-produk lainnya agar menambah ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi konsumen.
6.memiliki kekuatan
Selain lima poin diatas, sebuah packaging juga harus memiliki kekuatan untuk memberikan stimulan bagi konsumen saat melihat packaging dari sebuah produk. Stimulan yang dimaksud adalah seperti saat kosumen melihat packaging produk maka mereka akan merasa membutuhkan dan harus membeli produk tersebut. Kondisi tersebut menjadi hal yang patut dipertimbangkan karena kekuatan dari packaging ini mampu membuat konsumen tertarik untuk memberlinya.